WELCOME

Hukum Zakat Emas Yang Dipakai Secara Berlebihan

 - Comments Off

Hukum Zakat Emas Yang Dipakai 
Secara Berlebihan



SALAM KEEMASAN


Syaikh Abdul Aziz bin Baz ditanya: Ada sebagian wanita memakai perhiasan emas secara berlebihan, sementara memakai perhiasan emas memang halal, lalu bagaimana hukum zakat emas bila demikian .?

""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

Emas & sutera dihalalkan bagi kaum wanita tapi tdk bagi kaum lelaki, sebagaimana disebutkan dalam riwayat dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda.

"Ertinya: Telah dihalalkan emas & sutera bagi kaum wanita umatku, & diharamkan bagi kaum lelaki"

Hadits ini dikeluarkan oleh Ahmad, An-Nasa'i & At-Tirmidzi & dishahihkannya, dari hadits Abu Musa bin Al-Ays'ari Radhiallahu 'anhuma.

Para ulama berbeza pendapat tentang zakat perhiasan, apakah wajib mengeluarkan zakat perhiasan / tdk .? Sebagian ulama berpendapat bahwa emas harus dizakatkan kecuali emas yg digunakan utk perhiasan, maka menurut mereka tdk ada kewajiban zakat pd emas perhiasan, baik yg dikenakan maupun yg disimpan.

Ulama lainnya berpendapat bahwa wajib zakat pd emas perhiasan, & inilah pendapat yg benar, yaitu wajib zakat pd emas perhiasan jika telah mencapai nishab & telah mencapai haul karena dalilnya yg bersifat umum.

Nisab emas adalah sembilan puluh dua gram, jika emas perhiasan telah mencapai sembilan puluh dua gram maka emas perhiasan itu wajib dizakati, & zakatnya itu adalah dua setengah persennya pd setiap tahun. Jadi jika jumlah emas itu seribu gram maka yg dizakatkan adalah dua puluh lima gramnya setiap tahun.<bergantung kepada negeri negeri masing masing kebanyakan 85 grm>

Dan telah diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa seorang wanita datang menemui beliau & di tangan putrinya melingkar dua gelang emas, maka beliau bersabda.

"Ertinya: Apakah engkau mengeluarkan zakat ini (gelang emas)?". wanita itu menjawab: "Tidak", maka beliau bersabda.: "Apakah engkau senang jika Allah melingkarkan gelang padamu di hari Kiamat dg dua gelang yg terbuat dari api .?" Perawi hadits ini, yaitu Abdullah bin Amr bin Al-Ash Radhiallahu 'anhu berkata: Lalu wanita tersebut melepaskan kedua gelang itu & memberikan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sambil berkata: "Kedua gelang ini utk Allah & Rasul-Nya". Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud & An-Nasa'i dg sanad yg Shahih.

Berkata Ummu Salamah Radhiallahu 'anha, ia seorang wanita yg menggunakan kalung emas. "Wahai Rasulullah, apakah ini simpanan yg terlarang?" beliau menjawab:

"Ertinya: Jika harta itu telah mencapai nishab & haul utk dikeluarkan zakatnya maka zakatilah, sebab itu bukan barang simpanan". Diriwayatkan oleh Abu Daud, Ad-Daruquthni & dishahihkan oleh Al-Hakim.

Dan telah dikeluarkan oleh Abu Daud dari hadits Aisyah Radhiallahu 'anha dg sanad yg shahih, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam datang menemuiku & ditanganku terdapat perhiasan yg terbuat dari perak, maka beliau bersabda.

"Ertinya: Apa ini wahai Aisyah?" Aku menjawab: "Aku membuatnya sendiri agar aku berhias untukmu wahai Rasulullah", beliau bersabda.: 'Apakah engkau mengeluarkan zakat utk hartamu itu?" Aku menjawab: "Tidak / apa yg Allah kehendaki", beliau bersabda: "Zakat yg engkau keluarkan itu dapat menyelamatkan engkau dari Neraka". Hadits ini dishahihkan oleh Al-Hakim sebagaimana disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab dalam Bulughul Maram.

Dalil-dalil ini menunjukkan bahwa barangsiapa yg tdk berzakat maka harta itu menjadi barang simpanan yg mana pemiliknya akan diseksa pd hari Kiamat, Na'udzu Billah.

(Majmu' Fatawa wa Maqalat Mutanawwi'ah, Syaikh Ibnu Baaz, 4/124)

(Disalin dari buku Al-Fatawa Al-Jami'ah Lil Mar'atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita 1, penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, terbitan Darul Haq hal. 205- 207, penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin)

Penulis: Syaikh Abdul Aziz bin Baz 


Hukum Zakat Emas Yang Dipakai Secara Berlebihan
4/24/2011 04:15:00 PM | Author: asmadi yusoff
Hukum Zakat Emas Yang Dipakai 
Secara Berlebihan



SALAM KEEMASAN


Syaikh Abdul Aziz bin Baz ditanya: Ada sebagian wanita memakai perhiasan emas secara berlebihan, sementara memakai perhiasan emas memang halal, lalu bagaimana hukum zakat emas bila demikian .?

""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

Emas & sutera dihalalkan bagi kaum wanita tapi tdk bagi kaum lelaki, sebagaimana disebutkan dalam riwayat dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda.

"Ertinya: Telah dihalalkan emas & sutera bagi kaum wanita umatku, & diharamkan bagi kaum lelaki"

Hadits ini dikeluarkan oleh Ahmad, An-Nasa'i & At-Tirmidzi & dishahihkannya, dari hadits Abu Musa bin Al-Ays'ari Radhiallahu 'anhuma.

Para ulama berbeza pendapat tentang zakat perhiasan, apakah wajib mengeluarkan zakat perhiasan / tdk .? Sebagian ulama berpendapat bahwa emas harus dizakatkan kecuali emas yg digunakan utk perhiasan, maka menurut mereka tdk ada kewajiban zakat pd emas perhiasan, baik yg dikenakan maupun yg disimpan.

Ulama lainnya berpendapat bahwa wajib zakat pd emas perhiasan, & inilah pendapat yg benar, yaitu wajib zakat pd emas perhiasan jika telah mencapai nishab & telah mencapai haul karena dalilnya yg bersifat umum.

Nisab emas adalah sembilan puluh dua gram, jika emas perhiasan telah mencapai sembilan puluh dua gram maka emas perhiasan itu wajib dizakati, & zakatnya itu adalah dua setengah persennya pd setiap tahun. Jadi jika jumlah emas itu seribu gram maka yg dizakatkan adalah dua puluh lima gramnya setiap tahun.<bergantung kepada negeri negeri masing masing kebanyakan 85 grm>

Dan telah diriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa seorang wanita datang menemui beliau & di tangan putrinya melingkar dua gelang emas, maka beliau bersabda.

"Ertinya: Apakah engkau mengeluarkan zakat ini (gelang emas)?". wanita itu menjawab: "Tidak", maka beliau bersabda.: "Apakah engkau senang jika Allah melingkarkan gelang padamu di hari Kiamat dg dua gelang yg terbuat dari api .?" Perawi hadits ini, yaitu Abdullah bin Amr bin Al-Ash Radhiallahu 'anhu berkata: Lalu wanita tersebut melepaskan kedua gelang itu & memberikan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sambil berkata: "Kedua gelang ini utk Allah & Rasul-Nya". Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud & An-Nasa'i dg sanad yg Shahih.

Berkata Ummu Salamah Radhiallahu 'anha, ia seorang wanita yg menggunakan kalung emas. "Wahai Rasulullah, apakah ini simpanan yg terlarang?" beliau menjawab:

"Ertinya: Jika harta itu telah mencapai nishab & haul utk dikeluarkan zakatnya maka zakatilah, sebab itu bukan barang simpanan". Diriwayatkan oleh Abu Daud, Ad-Daruquthni & dishahihkan oleh Al-Hakim.

Dan telah dikeluarkan oleh Abu Daud dari hadits Aisyah Radhiallahu 'anha dg sanad yg shahih, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam datang menemuiku & ditanganku terdapat perhiasan yg terbuat dari perak, maka beliau bersabda.

"Ertinya: Apa ini wahai Aisyah?" Aku menjawab: "Aku membuatnya sendiri agar aku berhias untukmu wahai Rasulullah", beliau bersabda.: 'Apakah engkau mengeluarkan zakat utk hartamu itu?" Aku menjawab: "Tidak / apa yg Allah kehendaki", beliau bersabda: "Zakat yg engkau keluarkan itu dapat menyelamatkan engkau dari Neraka". Hadits ini dishahihkan oleh Al-Hakim sebagaimana disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab dalam Bulughul Maram.

Dalil-dalil ini menunjukkan bahwa barangsiapa yg tdk berzakat maka harta itu menjadi barang simpanan yg mana pemiliknya akan diseksa pd hari Kiamat, Na'udzu Billah.

(Majmu' Fatawa wa Maqalat Mutanawwi'ah, Syaikh Ibnu Baaz, 4/124)

(Disalin dari buku Al-Fatawa Al-Jami'ah Lil Mar'atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita 1, penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, terbitan Darul Haq hal. 205- 207, penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin)

Penulis: Syaikh Abdul Aziz bin Baz 
|
This entry was posted on 4/24/2011 04:15:00 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

EMAS HARTAMU

Public Gold Pelaburan Terbaik 2020

CAWANGAN PUBLIC GOLD


Main Office:12E First Floor, Jalan Rumbia,
11900 Bukit Jambul, Penang, Malaysia.
E 101° 42’ 34.6” N 3° 9’ 22.1”


Bishop Branch:No.84, Lebuh Bishop,
10200 Penang, Malaysia.
E 100° 17’ 18” N 5° 19’ 54”


Sunway Branch:42A, Jalan PJS 8/6 (Third Floor),
Mentari Business Park, Bandar Sunway,
46150 Petaling Jaya, Selangor.
E 101° 36’ 40.7” N 3° 4’ 34.6”


Sunway Seminar Hall:16-1A, Jalan PJS 8/6,
Sunway Mentari Plaza,
46150 Petaling Jaya,
Selangor Darul Ehsan.


Ipoh Branch:No.45, 45A & 45B, Jalan Yang Kalsom,
30250 Ipoh, Perak.
E 101° 5’ 6” N 4° 35’ 35”


Kelantan Branch:Tingkat 1, Lot 257, Jalan Kebun Sultan,
15000 Kota Bharu, Kelantan Darul Naim.
E 102°14’35.4” N 6°7’50.4”


SP Branch:No. 86B, 1st Floor,
Jalan Pengkalan,Taman Pekan Baru,
08000 Sungai Petani, Kedah.
E 100°28’58” N 5°38’21”


JB Branch:45A&B, Jalan Persisiran Perling,
Taman Perling,
81200 Johor Bahru, Johor.


Kuantan Branch:A-6624 1st and 2nd floor, Jalan Beserah
25250 Kuantan, Pahang.


Kuala Terengganu Branch:16A, 1st & 2nd Floor, Jalan Sultan Ismail
20200 Kuala Terengganu, Terengganu.
E 103°7’47” N 5°19’44”


Kuching Branch:3rd floor, Lots 456 & 457,
Al-ldrus Commercial Centre,
Jalan Satok, 93400 Kuching, Sarawak.


Telephone:
Main Office:+604-644 9999
Bishop Branch:+604-261 9999
Sunway Branch:+603-5634 8999
Ipoh Branch:+605-242 8999
Kelantan Branch:+609-746 2999
SP Branch:+604-423 2999
JB Branch:+607-235 8999
Kuantan Branch:+609-567 8916
Kuala Terengganu Branch:+609-626 3999
Kuching Branch:+6082-259 916,
+6082-252 916
[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

PUBLIC JEWELLERY

PUBLIC JEWELLERY

GOLD N SILVER

goldbar of public gold

goldbar of public gold

i

dinar of publicgold

dinar of publicgold

PUBLIC GOLD

PUBLIC GOLD

About

© Golden EMPIRE. Converted by Smashing Blogger for LiteThemes.com.
CyberChimps
Design Downloaded from free Blogger templates | free website templates | seodesign.us